Mengenang 105 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic

#ON THIS DAY – 15 April 1912

Kali ini saya akan sedikit membahas informasi tentang peristiwa yang  diingat oleh banyak orang, sebuah kecelakaan laut yang paling mematikan sepanjang sejarah, yaitu peristiwa Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic, karena berhubung sekarang adalah tanggal 15 April 2017 yang artinya tanggal dan bulannya bertepatan dengan waktu kejadiannya, yaitu 15 April 1912, yang berarti sudah berumur 105 Tahun.

Saya akan mengajak Anda untuk kembali ke masa lalu, melihat awal mula kejadian kecelakaan kapal yang legendaris ini. Dilansir dari wikipedia dan berbagai sumber lainnya, disini telah saya rangkum tentang kronologi kejadiannya dan mengulas fakta-fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui dibalik tragedi tenggelamnya kapal Titanic.




Kronologi tragedi tenggelamnya kapal Titanic

RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super britania raya yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City. Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang dalam salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan sepanjang sejarah. Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Satu dari tiga kapal samudra kelas olympic dioperasikan oleh White Star Line. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang.


Setelah meninggalkan Southampton pada 10 April 1912, Titanic berhenti di Cherbourg, Perancis dan Queenstown (sekarang Cobh), Irlandia sebelum berlayar ke barat menuju New York. Pada tanggal 14 April 1912, empat hari pasca pelayaran, tepatnya 375 mil di selatan Newfoundland, kapal menabrak sebuah gunung es pukul 23:40 (Waktu Kapal; UTC-3). Tabrakan agak menggesek ini mengakibatkan pelat lambung Titanic melengkung ke dalam di sejumlah tempat di sisi kanan kapal dan mengoyak lima dari enam belas kompartemen kedap airnya. Selama 2,5 jam selanjutnya, kapal perlahan terisi air dan tenggelam.

Para penumpang dan sejumlah awak kapal diungsikan ke dalam sekoci, kebanyakan sudah diluncurkan dalam keadaan setengah penuh. Banyak pria dalam jumlah yang tidak sepadan, hampir 90% di kelas dua ditinggalkan karena para petugas yang memuat sekoci mematuhi protokol “wanita dan anak-anak dahulu”.  Dibutuhkan 80 menit untuk menurunkan 20 sekoci. Tidak semuanya penuh contohnya, sekoci no.3 hanya berisi 24 orang, meskipun memiliki kapasitas 65 orang. Pada awalnya, latihan menggunakan sekoci dalam keadaan darurat dijadwalkan diadakan pada tanggal 14 April atau pada hari Titanic menghantam gunung es. Namun, untuk alasan yang tidak diketahui, kapten Smith membatalkan latihan tersebut. Tepat sebelum pukul 02:20, Titanic patah dan haluannya tenggelam bersama seribu penumpang di dalamnya. Orang-orang di air meninggal dalam hitungan menit akibat hipotermia karena bersentuhan dengan samudra yang sangat dingin. 712 penumpang selamat diangkat dari sekoci oleh RMS Carpathia beberapa jam kemudian.


Mengulas Fakta dibalik tragedi tenggelamnya Titanic

Titanic menjadi kebanggan negeri. Kapal ini adalah yang termewah dan katanya paling aman sedunia. Mereka membangun Titanic dengan konstruksi yang sangat kuat. Salah satu teori mengatakan bahwa Titanic tidak dapat tenggelam karena saking kuatnya. Ketika mereka membangun Titanic, seorang insinyur, Thomas Andrews yang merancang Titanic ditanya dalam sebuah wawancara sebelum mereka meninggalkan Liverpool : “Apakah kapal ini bisa tenggelam di lauta?” dia berkata “Bahkan Tuhan sekalipun tidak akan bisa menenggalkannya.” Wawancara ini dicatat dalam media. Namun, pada tanggal 14 April 1912, Titanic yang disombongkan tidak akan tenggelam tiba-tiba menabrak gunung es. Tak lama kemudian, kapal pesiar termewah itu pun tenggelam. Korban tewa mencapai 1.514 termasuk Thomas Andrews.

Butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan konstruksi Titanic sepanjang 882 kaki dan selebar 92 kaki. Bekerja membangun kapal mewah itu sangat berisiko, sulit dan berbahaya. Sebanyak delapan nyawa pekerja konstruksi melayang dalam proyek pembangunan Titanic. Hampir 250 pekerja mengalami luka-luka karena kecelakaan dalam konstruksi tersebut. Meski dengan korban nyawa, RMS Titanic seberat 52.310 ton menjadi kapal penumpang terbesar di dunia.

Tahukah Anda, biaya pembuatan film Titanic ini lebih mahal daripada biaya pembuatan kapal Titanic itu sendiri. Biaya membuat kapal Titanic berkisar $7.5 juta dolar di Tahun 1910-1912 atau sama berkisar $120-$150 juta dolar di tahun 1997. Sedangkan biaya pembuatan film Titanic berkisar $200 juta dolar.


Dalam film Titanic saat kapal muai pecah dan sebagian dari kapal mulai tenggelam, seorang koki pria berbaju putih di samping Jack dan Rose, orang ini benar-benar ada. Tubuh salah satu chef di kapal Titanic ini membeku ketika kecelakaan terjadi. Tetapi karena dia minum banyak bir menyebabkan organnya dapat kembali bekerja selama 2 jam, dan inilah yang membuat dia selamat dari kecelakaan tersebut.


Dalam film, James Cameron lah yang melukis Rose saat adegan ‘Jack sedang melukis’ bukan Leonardo. Pada gambar, itu adalah tangan James. James yang menggambar sendiri dan tangannya ditampilkan dalam film tersebut. Gambar itu kemudian dilelang dan terjual dengan harga 16 ribu dolar Amerika (sekitar Rp 146,2 juta).

Masabumi Hosono, adalah penumpang pria asal Jepang yang selamat saat kecelakaan kapal Titanic. Namun saat ia berhasil kembali ke Jepang, pria itu malah dipermalukan dan ia dituduh pengecut, karena dianggap menyelamatkan dirinya sendiri dan tidak menyelamatkan penumpang yang lain, mereka bilang pria itu harusnya tetap di kapal dan tenggelam bersama Titanic. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat artikelnya disini : http://the-dailyjapan.com/masabumi-hosono-cerita-kelam-titanic-survivors/

Milton Snavely Hershey (13 September 1857 – 13 Oktober 1945) adalah pengusaha Amerika Serikat dan seorang filantropis. Pendiri perusahaan cokelat The Hershey Company dan kota “Pabrik Cokelat” Hersshey, pennsylvania. Pada awalnya dia sudah membeli tiket untuk naik ke kapal Titanic, tetapi alangkah beruntung nasibnya, karena urusan pekerjaan ia harus membatalkan kepergiannya.



Anggota grup musik pemain biola di kapal Titaniv yang tetap memainkan musik pada detik-detik sebelum tenggelamnya Titanic seperti yang digambarkan dalam film, adegan ini merupakan kisah nyata. Hartley (pemimpin band) memainkan “Nearer my God to Thee” sebagai penampilan terakhirnya sebelum kapal tenggelam. Seluruh anggota band akhirnya meninggal dalam peristiwa tenggelamnya Titanic.

Para penumpang yang selamat dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic dikenakan biaya sebesar $1 per kata untuk mengirimkan telegram. Dan salah satu penumpang menggunakan $1 terakhir hanya untuk mengirimkan sebuah kata “Aman” kepada Ibunya.





Bangkai Titanic masih ada di dasar laut, perlahan hancur di kedalaman 12,415 feet (3,784 M). Tahukah Anda, Bakteri Halomonas Titanicae yang ditemukan telah memakan 50.000 ton besi sejak Titanic tenggelam. Kata peneliti Henrietta Mann, yang menghabiskan empat tahun untuk mempelajari bakteri yang menggerogoti kapal karam tersebut, kemungkinan 20 atau 30 tahun dari sekarang bangkai kapal ini akan runtuh (menjadi) tumpukan karat.


Sejak ditemukan kembali pada tahun 1985, ribuan artefak diangkat dari dasar laut dan dipamerkan di berbagai museum di seluruh dunia. Titanic telah menjadi salah satu kapal ternama dalam sejarah. Keberadaannya terus diingat oleh sejumlah buku, film, pameran dan tugu peringatan.
.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/RMS_Titanic
http://www.lampuislam.id/2013/09/pelajaran-berharga-dari-tenggelamnya.html
http://www.cerpen.co.id/post_132818.html
http://the-dailyjapan.com
dan berbagai sumber lainnya

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Mengenang 105 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic"


  1. KAMI TUNGGU KEHADIRAN PARA TAIPAN UNTUK GABUNG BERSAMA KAMI!! CUKUP DENGAN DEPOSIT 20RIBU,BISA BERMAIN 7GAMES IN 1!!
    SEMUA PROSES STOR TARIK DANA CEPAT DAN MUDAH!! PELAYANAN TERBAIK!! 100% FAIR PLAY!! NO ROBOT!! PLAYER VS PLAYER!! SEMUA BISA MENANG!!!

    TAIPAN COMPANY

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete