Fakta-Fakta Kucing dan Alasan Ilmiah Memeliharanya

Assalamu'alaykum sobat. Pada kesempatan ini saya akan berbagi info menarik tentang kucing. Sebelumnya tahukah kamu, kucing apabila datang pada kita itu ada tanda-tandanya lho. Pertama, Allah sedang memberitahu makanan kita, bukan semuanya rezeki kita. Sebagiannya Rezeki kucing itu. Sebab itu ia datang pada kita.

Kedua, Allah sedang memberitahumu apabila kita memberi makanan pada kucing itu, rezeki lain akan Allah ganti yang lebih baik. Sebab satu kebaikan itu Allah balas sepuluh kebaikan pahala. Allah maha mampu bagi lebih dari itu.

Ketiga, Allah sedang memberitahu apabila kita tak memberi makanan kepada kucing itu, sebenarnya kita sedang menolak rezeki baru yang Allah akan bagi kepada kita. Rezeki itu luas, bukan hanya pada uang, tetapi meliputi semua kehidupan. Ingin ikhlas memberi berilah pada hewan karena hewan tak pandai mengucap terimakasih kepada kita, ia hanya tau minta dan makan. Nabi Muhammad SAW pun berpesan untuk menyayangi kucing, layaknya menyayangi keluarga sendiri.

Kucing tiduran

Fakta-fakta kucing yang harus kamu tau.

1. Ketika seekor kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan anda, ia sedang menandai anda dengan baunya dan menyatakan anda sebagai pemiliknya.

2. Rata-rata umur kucing yang hidup di luar rumah sekitar 3-5 tahun, sementara yang hidup didalam rumah dapat mencapai umur 16 tahun atau lebih lama.

3. Kucing memakan rumput dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung.

4. Kucing menunjukkan kepercayaan dengan menyundulkan kepalanya.

5. Kebanyakan orang memanggil kucing dengan 'Pus.. Pus..'. Sebutan 'Pus' sendiri dari bahasa Belanda 'Poes', artinya kucing.

6. Kucing akan berjalan mundur jika matanya ditutupi.

7. Jika kucing tidak memiliki kumis, kucing tidak akan bisa menangkap tikus & tidak bisa berjalan dengan baik.

8. Saat Anda melihat kucing, berkediplah perlahan. Bila kucing itu ikut berkedip, maka ia menyukai Anda.

9. Salam Hidung adalah cara kucing memberi salam pada sesama temannya.

10. Ada seekor monyet mengadopsi anak kucing yang ditinggalkan induknya di Monkey Forest Bali.
Respect :')
11. Kucing tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina.

12. Lidah kucing tidak dapat merasa karena kurangnya sensor syaraf perasa di lidah. Manusia mempunyai sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473 buah. Nafsu makan kucing terutama dipengaruhi oleh bau bukan rasa makanan.

13. Untuk menentukan kesetaraan umur kucing dengan umur orang, mulailah dengan 20 tahun sebagai umur tahun pertama kucing, kemudian tambahkan 4 tahun umur manusia untuk setiap umur tahun kucing. Sebagai contoh : Jika kucing anda berumur 4 tahun berarti umurnya setara dengan 20 tahun (untuk umur 1 tahun) ditambah 3 x 4 tahun,yaitu setara dengan umur 32 tahun pada orang.

14. Tahukah Anda, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu spesies, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies.

15. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suara wanita memiliki puncak yang lebih tinggi.

16. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.

17. Kucing tidak suka dicium. Mereka tidak suka dicium karena dianggap mengotori kulit mereka, Anda bisa mengetesnya dengan coba mencium kucing, mereka akan kesal dan kemudian membersihkan daerah yang dicium tersebut dengan lidahnya.

18. Kucing tidak dapat makan cokelat. Oleh karena itu, apabila Anda memberi kucing kesayangan Anda dengan coklat, mereka tidak akan mau memakannya, bahkan menjilatnya pun tidak.

19. Antara manusia, anjing, dan kucing. Ternyata, kucing memiliki pendengaran yang paling baik dan paling sensitif.

20. Di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk jalur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

21. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka.

22. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya.

Kucing lompat

23. Jika anda butuh sinar UV untuk melihat, pakai saja kencing kucing, karena kencing mereka menyala dalam gelap.

24. Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.

25. Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.

26. Kucing dewasa memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya, sementara anak kucing memiliki 26 buah gigi.

27. Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripada lantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya.

Kucing jalanan

Berikut ini adalah tanda kucing menyukai kamu.

1. Grooming/menjilati tubuh
Kucing menghabiskan banyak waktu menjaga kebersihan dengan mennjilati tubuhnya. Namun tidak selalu hanya tubuh dia sendiri. Seringkali dia menjilati tubuh temannya atau bahkan kamu!, Nah, ketika kucing menjilatimu itu artinya dia menyukai kamu.

2. Mata berkedip lambat
Pernah melihat kucing kamu menatap dengan mata nanar dan kemudian berkedip perlahan? itu adalah isyarat yang hendak dia sampaikan kalau dia menyayangi kamu. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

3. Menyeruduk dan menggosokkan kepala
Kamu sering melihat kucing berusaha untuk menyeruduk dan menggosokkan kepalanya ke badan kamu? Ini adalah tanda cinta yang nyata. Wajah kucing memiliki feromon dan jika digosokkan ke badan kamu menandakan kucing merasa nyaman berada disekitarmu.

4. Suka mengikuti kamu
Kamu barangkali sering kesal dengan perilakunya mengikuti kemanapun kamu bergerak. Bahkan ke kamar mandi pun dia ikut! Ketahuilah kucing sedang menunjukkan rasa sayangnya dengan cara yang barangkali bagi cat lover itu agak menjengkelkan.

5. Membawakan hadiah
Apakah kamu si pesuka kucing sering kaget saat tiba-tiba kucing kesayangan membawa bangkai tikus, kadal, cicak atau ular? Tunggu, jangan terburu-buru memarahinya. Kucing justru menganggap barang yang dia bawa itu sangat berharga. Dia membawakan kamu hadiah istimewa.

6. Memasrahkan perutnya
Seekor kucing yang berguling dan menunjukkan perutnya menunjukkan mereka percaya pada kamu. Di alam liar kucing tidak akan pernah melakukan hal itu karena akan mudah diserang. Jika kucingmu melakukan hal ini artinya dia hendak menunjukkan kepadamu bahwa kamu penting baginya.

Kucing lucu

 Alasan-alasan ilmiah kenapa memelihara kucing justru baik untukmu.

1. Menurunkan Stres dan risiko penyakit jantung.
Sama seperti memelihara anjing, memiliki kucing dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini berdampak menurunkan risiko kardiovaskular. Lalu studi dari Journal of Vascular and Interventional Neurology menemukan bahwa orang yang memelihara kucing menurunkan risiko terkena penyakit jantung salah satunya stroke.

2. Membantu anak dengan autisme.
Para peneliti dari University of Missouri meneukan anak autisme yang berinteraksi dengan hewan peliharaan kemampuannya berinteraksinya meningkat signifikan. Salah satu hewan peliharaannya adalah kucing.

3. Dengkurannya membantu atasi sakit tulang, tendon, dan otot.
Dengkuran kucing saat tidur tak hanya menunjukkan mereka senang tapi juga terkait kemampuan therapeutic di tulang dan otot manusia. Ternyata hal ini terkait dengan frekuensi getaran mendengkur 20-140 HZ.

4. Risiko anak terkena penyakit pernapasan menurun
Ternyata memelihara kucing mempau membantu anak melawan infeksi. Dalam studi ini dilibatkan kucing dan anjing kontak dengan anak di usia pertama kehidupannya. Hal inilah yang meningkatkan sistem imun tubuh termasuk melawan penyakit pernapasan.

5. Menurunkan risiko memiliki alergi.
Kehadiran hewan peliharaan di rumah, membuat si kecil terbiasa dengan hal-hal yang tak terlalu bersih. Ternyata hal ini membantunya meningkatkan daya tahan tubuhnya.

6. Membuat mentalmu lebih sehat.
Melihat tingkah kucing memang sangat menggemaskan dan hal ini berdampak pada kesehatan mentalnya. Sekitar 76 persen orang dalam survei yang dilakukan Cats Protection  mengatakan stres mereka berkurang gara-gara berinteraksi dengan kucing. *Screnchit

7. Kucing itu membawa energi positif
Pernah melihat video anak kucing yang lucu di sosial media atau youtube? jika iya, beberapa reaksi yang sering muncul adalah tertawa akan tingkah hewan berbulu lebat ini. Dan ternyata stdudi dari Indiana University Bloomington sebutkan, hanya dengan menonton video kucing bisa membawa energi dan emosi positif.



Inilah alasan Nabi suka kucing (Komunitas Pecinta Kucing Jakarta)






-@Farhanafarah
-@Oslo van Hotten
-@Screenshorts
-@KomunitasPecintaKucingJakarta

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Fakta-Fakta Kucing dan Alasan Ilmiah Memeliharanya"


  1. KAMI TUNGGU KEHADIRAN PARA TAIPAN UNTUK GABUNG BERSAMA KAMI!! CUKUP DENGAN DEPOSIT 20RIBU,BISA BERMAIN 7GAMES IN 1!!
    SEMUA PROSES STOR TARIK DANA CEPAT DAN MUDAH!! PELAYANAN TERBAIK!! 100% FAIR PLAY!! NO ROBOT!! PLAYER VS PLAYER!! SEMUA BISA MENANG!!!

    TAIPAN COMPANY

    ReplyDelete
  2. KAMI TUNGGU KEHADIRAN PARA TAIPAN UNTUK GABUNG BERSAMA KAMI!! CUKUP DENGAN DEPOSIT 20RIBU,BISA BERMAIN 7GAMES IN 1!!
    SEMUA PROSES STOR TARIK DANA CEPAT DAN MUDAH!! PELAYANAN TERBAIK!! 100% FAIR PLAY!! NO ROBOT!! PLAYER VS PLAYER!! SEMUA BISA MENANG!!!

    TAIPAN COMPANY

    ReplyDelete